BALITA ANDA

selamat datang di BABY LOVERs,InfOrMAsi menarik mengenai,BuAh hAtI BunDa,, KEHAMILAN BUNDA,,dAn BerBaGaI iNforMaSi mEnaRIklAin nYa........^_^

Arsip Blog

visitor

free counters

Senin, 28 Februari 2011

tips memberi pertolongan pertama saat bayi mengalami cedera


Saat si kecil jatuh ke lantai dan menangis keras, ibu langsung mendekatinya. Tak lama kemudian, darah segar mulai mengucur.
Berikut tips tindakan pertolongan pertama.
Bila si kecil terjatuh atau terantuk benda asing hingga menimbulkan luka, yang harus dilakukan oleh orangtua antara lain:
- Pertama dan utama
Jangan panik! Bila bayi terjatuh hingga menimbulkan luka sebaiknya perhatikan terlebih dulu apakah jaringan mengalami kerusakan atau luka tersebut disertai perdarahan atau tidak.
- Bila bayi terjadi perdarahan
Segera bersihkan luka dari kotoran dengan air bersih. Bila ragu menggunakan air keran, dapat menggunakan air minum mineral yang banyak tersedia di rumah.
- Tutup luka dengan kain kasa steril
Dengan telapak tangan lakukan penekanan pada kasa yang menutup luka tadi selama 5 menit terus menerus untuk menghentikan perdarahan. luka diikat dengan kain perban atau plester tapi tidak terlalu keras dan tidak menganggu sirkulasi pada bagian tubuh yang terluka.
- Dalam melakukan penekanan
Jangan menggunakan kapas. Serat-serat kapas akan tertinggal di permukaan luka dan merupakan benda asing yang menghambat proses penyembuhan luka.
- Tidak benar bahwa luka tidak diperbolehkan terkena air.
Jika kain balutan basah misalnya karena tersiram air saat mandi segera ganti dengan yang baru.
- Jika luka sudah kering
Jika luka pada bayi sudah kering,  tidak perlu memakai kain kasa lagi. Dikarenakan nanti lukanya akan kembali infeksi.
- Jika luka berlanjut hubungi dokter Anda
Jika luka si kecil tampak kemerahan, mengalami pembengkakan, teraba lebih hangat dibandingkan dengan jaringan sekitar disertai nyeri atau terlihat ada nanah.
- Pada perawatan luka
Hindari penggunaan atau pemberian zat-zat yang justru menimbulkan iritasi pada luka tersebut seperti alkohol, rivanol, povidon iodine, atau sabun antiseptik maupun larutan antiseptik.
Luka Besar atau Terbuka.
- Bersihkan luka dengan air bersih
Mungkin agar tidak menimbulkan infeksi. Perhatikan keadaan luka apakah lukanya dalam atau tidak dan seberapa besar lukanya.
- Tutup seluruh permukaan luka
Tutup semua permukaan luka dengan kain kasa steril. Dengan telapak tangan lakukan penekanan pada kasa yang menutup luka tadi selama 5 menit terus-menerus.
- Jika darah menyebar melalui kasa
Jangan ganti atau buang kasa tersebut. Tambah kasa baru di atasnya dan terus lakukan penekanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar