BALITA ANDA

selamat datang di BABY LOVERs,InfOrMAsi menarik mengenai,BuAh hAtI BunDa,, KEHAMILAN BUNDA,,dAn BerBaGaI iNforMaSi mEnaRIklAin nYa........^_^

Arsip Blog

visitor

free counters

Senin, 18 April 2011

Kandungan Susu Kedelai Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Kandungan susu kedelai menurut banyak penelitian cukup signifikan bagi kesehatan manusia secara umum.
susu kedelai 2Susu kedelai mengandung banyak sekali gizi yang dibutuhkan tubuh manusia. Selain itu protein dalam kandungan susu kedelai setara dengan susu sapi sehingga dapat dijadikan alternatif, khususnya apabila Anda mengalami masalah intoleransi laktosa atau alergi susu sapi. Sebenarnya kandungan susu kedelai bahkan jauh lebih kaya dibandingkan susu sapi. Pada bayi atau anak balita, susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik untuk menggantikan susu formula yang cenderung mengandung bakteri jahat yang dapat membahayakan kesehatan. Manfaat dan kandungan susu kedelai antara lain adalah protein, karbohidrat, lemak nabati, serat, vitamin-vitamin esensial dan mineral.
Protein dalam kandungan susu kedelai berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, untuk pertumbuhan serta untuk perbaikan jaringan sel, serta. Protein dalam kandungan susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino  seperti lesitin, lisin, niasin, leusin, treonin, isoleusin, triptofan, fenilalanin, arginin dan glisin. Dua asam amino terakhir merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas dalam tubuh.
Lemak Nabati, karbohidrat, serta serat/fiber yang ada dalam kandungan susu kedelai sangat baik untuk tubuh manusia karena dapat menjadi sumber energi dan juga memperlancar sistem pencernaan. Sementara vitamin-vitamin esensial yang terdapat dalam kandungan susu kedelai adalah vitamin A (yang pada biji kedelai berasal dari karoten) untuk membantu kelancaran fungsi penglihatan dan pertumbuhan tulang, vitamin B1 yang sangat berperan dalam menghasilkan energi, vitamin B2 (banyak terdapat pada susu, baik susu sapi, susu kedelai dan ASI), Vitamin E yang diketahui berguna untuk melancarkan proses reproduksi, proses menstruasi, meningkatkan produksi ASI serta dapat mencegah keguguran, impotensi, dan penyakit jantung kardiovaskular.
Selain itu mineral yang terdapat dalam kandungan susu kedelai berguna menguatkan tulang dan gigi serta meningkatkan imunitas tubuh terhadap gangguan penyakit.
Di dalam kandungan susu kedelai juga terdapat polisakarida yang berguna menekan kadar glukosa dan trigliserida sehingga mengkonsumsi susu kedelai sangat baik bagi penderita diabetes untuk membantu mengendalikan kadar gula darah yang tinggi. Kandungan susu kedelai yang paling terkenal adalah Isoflavon, yaitu sejumlah asam amino dalam biji kedelai yang saling mengikat ditambah dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dan membentuk flavonoid. Bau langu khas susu kedelai sebenarnya berasal dari flavonoid tersebut. Secara ilmiah, flavonoid terbukti dapat mencegah juga mengobati berbagai macam penyakit. Isoflavon dalam kandungan susu kedelai sangat bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan, meningkatkan imunitas, memperkuat struktur tulang, menstabilkan tekanan darah serta gula darah, menurunkan kadar kolestrol jahat, mencegah kegemukan, serta mengurangi gejala berbagai macam penyakit seperti ginjal, jantung koroner, stroke, asam urat, rematik, maag bahkan mengurangi gejala menopause.
Begitu banyak kandungan susu kedelai yang diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita sehingga susu kedelai menjadi begitu populer. Satu-satunya kekurangan susu kedelai adalah baunya yang pada beberapa orang dianggap tidak enak. Namun saat ini di pasaran telah tersedia susu kedelai yang diberi gula dan perasa makanan alami. Bila Anda kurang menyukai bau khas susu kedelai murni, Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai dengan rasa stroberi, pandan, jahe, coklat, vanilla, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar