BALITA ANDA

selamat datang di BABY LOVERs,InfOrMAsi menarik mengenai,BuAh hAtI BunDa,, KEHAMILAN BUNDA,,dAn BerBaGaI iNforMaSi mEnaRIklAin nYa........^_^

Arsip Blog

visitor

free counters

Senin, 18 April 2011

Beberapa Fakta Mengenai Manfaat Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai akhir-akhir ini banyak dibicarakan oleh masyarakat, khususnya yang peduli akan kesehatan.
susu kedelai 1Banyak penelitian menunjukkan manfaat susu kedelai, tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk mengatasi penyakit tertentu serta keluhan dan gangguan yang menyertainya. Misalnya, untuk mengurangi gejala stroke, jantung koroner, rematik dan asam urat, maag, sampai gejala menopause pada wanita. Manfaat susu kedelai juga termasuk didalamnya adalah melancarkan metabolisme dan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol dan gula darah, mencegah obesitas, penyakit ginjal, menghilangkan kelelahan, memperlambat penuaan sel, menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif, mencegah tumbuhnya kanker, khususnya kanker payudara dan prostate. Jadi, manfaat susu kedelai memang cukup banyak bagi kesehatan manusia.
Sebenarnya dalam satu hari tubuh manusia hanya membutuhkan asupan protein sebanyak 30 % dan itu sudah bisa terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi dua gelas susu kedelai. Jadi selain manfaat susu kedelai yang disebutkan di atas, susu kedelai bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti susu sapi yang semakin lama harganya semakin melambung tinggi. Manfaat susu kedelai sebagai pengganti susu sapi ini dimungkinkan karena komposisi protein susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Jadi orang yang alergi susu sapi akan mendapatkan manfaat susu kedelai yang sama dengan susu sapi.
Secara umum susu kedelai memiliki kandungan vitamin B, E dan K yang tinggi. Sebelum manfaat susu kedelai menjadi begitu populer, masyarakat di negara kita hanya memanfaatkan kacang kedelai sebagai produk makanan olahan seperti dijadikan tempe dan tahu. Namun setelah manfaat susu kedelai diperkenalkan, kini, susu nabati tersebut sudah tersedia dimana-mana, baik yang diproduksi oleh industri rumah tangga sampai buatan pabrik atau yang diimpor dari luar negeri. Orang-orang sekarang bisa mendapatkan manfaat susu kedelai dengan membelinya di pasar, minimarket sampai hypermarket. Susu kedelai, baik yang berupa bubuk maupun cair, dikemas higienis. Harga jual susu kedelai buatan pabrik bisa mencapai tiga kali lipat dari susu kedelai buatan industri rumah tangga yang dijual keliling. Di pasaran, Anda dapat menemukan dua bentuk susu kedelai yaitu cair dan bubuk. Susu kedelai cair adalah yang lebih banyak diproduksi.
Meskipun ada begitu banyak manfaat susu kedelai, tetap saja ada banyak orang yang masih enggan mengkonsumsinya. Salah satu alasannya adalah karena aroma susu kedelai yang khas (langu) sehingga membuat eneg. Oleh karena banyak produsen susu kedelai yang menambahkan rasa untuk mengurangi bau langu tersebut. Anda tetap bisa mendapatkan manfaat susu kedelai dari produk yang telah ditambahkan gula atau perasa makanan seperti coklat, moka, stroberi, vanili, pandan, dan lain-lain. Namun perhatikan bahwa penambahan gula pada susu kedelai sebaiknya sekitar 5 – 7% dari berat susu. Bila lebih dari itu akan menyebabkan rasa cepat kenyang palsu sehingga membuat tubuh Anda tidak menginginkan makanan padat yang sebenarnya dibutuhkan. Manfaat susu kedelai lainnya adalah selain dikonsumsi sebagai susu biasa, dapat juga dibuat menjadi susu asam. Jika susu asam yang terbuat dari susu sapi dinamakan yoghurt, maka susu asam yang diproduksi dari susu kedelai disebut soyghurt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar