BALITA ANDA

selamat datang di BABY LOVERs,InfOrMAsi menarik mengenai,BuAh hAtI BunDa,, KEHAMILAN BUNDA,,dAn BerBaGaI iNforMaSi mEnaRIklAin nYa........^_^

Arsip Blog

visitor

free counters

Sabtu, 23 April 2011

40 Minggu Nan Indah saat Dia dalam Kandunganmu

perkembangan janin 1-8 minggu pertama
Foto-foto di bawah ini menunjukkan perkembangan janin sesuai usia kandungan:

Pada usia kehamilan kita seminggu yaitu setelah 8 hari selepas proses persenyawaan berlaku, blastocyst (kini mengandung 200 sel) merembeskan mukus untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.
Masuk minggu ke-2, blastocyst menggelembung dan sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira 2 kali sehari sehingga pada hari yang ke 12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut dengan kuat pada endometrium.
Kemudian masuk minggu ke-3 selepas proses persenyawaan terjadi, embrio terbentuk sepanjang 0.08 inci/2 mm. Gen janin mulai hendak membentuk dalam 3 lapisan benih(sel) daripada organ badan yang akan bergabung
Pada minggu ke-4 berikutnya, janin kita sudah mulai membentuk struktur tubuh manusia dimana sel-sel mulai bergabung dan pada masa itu embrio sudah mulai memanjang kira-kira 1/4 inci / 6 mm.Pada masa ini sudah kelihatan pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang mengepam darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang membawa darah daripada jantung).
 (janin usia 4 minggu)


Embrio akan terus membesar sehingga pada minggu ke-5 didapati terdapat 3 lapisan iaitu ectoderm, mesoderm dan dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas. Ectoderm akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Saat lapisan mesoderm yang berada pada lapisan tengah akan membentuk organ penting yaitu jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif.
Selain itu, kita perlu tahu bahwa dalam pembentukkan janin ini, sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Terakir ialah lapisan endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk organ dalam seperti usus, hati, pankreas dan pundi kencing. Kalau kita gambarkan janin 6 mm itu hanyalah sebesar biji tembikai.
Pada minggu ke-6, sekiranya pemeriksaan secara ultrasound dilakukan, kita akan dapat melihat janin sudah membentuk kepala dan badan. Biasanya getaran jantungnya juga sudah dapat didengar.
Setelah usia janin minggu ke-7, bentuk bayi semakin jelas terbentuk. Kepala bayi seolah-olah tertunduk dan berada dalam cecair ~ air ketuban atau amnotic sac yang akan memberikan keperluan bayi semasa dalam kandungan
Untuk pengetahuan, pada usia kandungan kita minggu ke-8, rupa bayi sudah mulai terbentuk antaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga sudah kelihatan berada di bawah membran kulit yang tipis. Pada masa ini juga anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun tidak berapa jelas.
 
 (janin usia 8 minggu)

perkembangan janin 9- 16 minggu pertama
Bayi pada usia minggu ke-9 hanyalah sebesar biji anggur yaitu seinci. Pembentukan telinga sudah kelihatan pada masa ini. Dan yang paling mengembirakan bagi calon ibu ialah pada saat inilah bayi kita sudah mulai mengerakkan anggota badannya. (Sudah boleh menggerakkan jemari tangan manakala jemari kakinya masih bercantum).
Pada usianya masuk minggu ke-10, bayi kita sudah kelihatan seperti manusia yang lengkap. Pada minggu ini, payudara ibu akan sedikit membengkak kerana terdapat cecair oestrogen dan progesterone sebagai persediaan untuk menyusukan bayi kelak.
Pada usia kehamilan minggu pertama - minggu ke 10, ibu yang hamil amat memerlukan zat besi. Dengan zat besi tersebut dapat membantu ibu hamil untuk menghilangkan rasa lesu, muntah-muntah serta kelelahan. Antara sindrom yang dapat dicegah atau dikurangkan dengan pengambilan zat besi ini ialah dapat mencegah demam, batuk, , sakit kepala, sakit gigi dan lain-lain lagi. Paling penting juga turut membantu melancarkan aliran darah dan mencegah daripada masalah urat bersimpul di betis dan kaki serta menghilangkan letih dan lesu.
Pada usia kehamilan masuk minggu ke-11, bayi dalam kandungan akan mulai suatu proses pertumbuhan yang pesat dan mulai mengangkat kepala ke atas jauh daripada dadanya. Alat kelamin luar pula mulai terbentuk tetapi masih kecil sehingga sukar untuk melihat jenis kelaminnya lelaki atau perempuan.
 (janin usia 12-16 minggu)
Panjang janin sekarang sekitar 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18 gram. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.
Jadi menjelang minggu ke-12 yaitu usia kehamilan 3 bulan, kebanyakan wanita akan mulai kelihatan tanda-tanda fisik tentang kehamilannya. Sekarang bayi akan membesar dengan cepat. Ukuran bayi dalam kandungan akan bertambah beberapa milimeter setiap hari. Wajahnya juga semakin jelas.
Jari jemari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata. Risiko keguguran berkurang pada minggu ke-12 karena bayi semakin kuat kedudukannya. Pada masa ini bayi sudah bisa menguap, menggeliat, memutar badan tetapi kerana ukurannya yang masih kecil kita tidak akan dapat merasakan pergerakan.
Minggu ke-13, kepala bayi membesar dengan lebih cepat daripada yang lain-lain. Badannya juga semakin membesar. Berat bayi kita kini boleh mencapai kira-kira 30g. Kuku kaki dan tangan juga mulai tumbuh. Pada masa ini ibu mungkin akan mengalami perubahan kentara akibat perubahan hormon yang terjadi dalam badan. Sebagai contoh rembesan minyak menyebabkan wajah kita berbintik-bintik. Kita perlu banyak meminum air suam/masak serta membersihkan muka sekurang-kurangnya 2-3 kali sehari.
Masuk minggu ke-14 detak jantung bayi akan semakin kuat dan kita sudah bisa mendengarnya melalui ujian imbasan. Cepatnya adalah 2 kali lipat kecepatan jantung kita. Pada masa ini bayi kelihatan kurus karena belum terdapat lapisan lemak. Kulitnya juga sangat tipis sehingga kita dapat melihat saluran darahnya. Pada tahap ini juga biasanya ibu hamil akan mengalami masalah sembelit karena pergerakan usus cenderung diperlahankan semasa hamil. Jadi hindarkan memakai pakaian yang ketat atau sendat.
Minggu seterusnya yaitu minggu ke-15, bayi kita sudah mampu menggenggam tangannya dan menghisap ibu jari. Kelopak matanya masih tertutup dan akan terus seperti itu hingga minggu ke-26. Walaupun begitu bayi bisa mengetahui perubahan cahaya saat ini. Bayi kita juga sudah bisa menelan. Ibu akan merasa perubahan kentara karena garis pinggang kita akan mengembang dan jantung mulai berdegup 20% lebih pantas kerana isipadu darah mengalir dalam badan telah meningkat.
Jadi perbanyak senam ringkas atau ibu juga boleh melakukan aktivitas berenang untuk meringankan simptom kehamilan dan menyediakan stamina manjadi lebih kuat ketika proses kelahiran kelak.
Minggu ke-16. Kehamilan pun kini sudah hampir 4 bulan. Pada masa ini badan kita perlu senantiasa sehat dan bertenaga. Bayi kita telah terbentuk sepenuhnya dan perlu diberikan nutrisi yang cukup oleh plasenta. Bayi kita mulai menerima nutrisi dari plasenta sejak minggu ke-14. Kini bayi dalam kandungan telah mempunyai tulang yang kuat dan dia juga sudah bisa mendengar bunyi-bunyian untuk pertama kali.
Panjang janin sekarang sekitar 16 cm dan bobotnya sekitar 35 gram. Dengan bantuan scan, kita dapat melihat kepala dan tubuh bayi, kita juga dapat melihatnya bergerak-gerak. Ia menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak. Inilah tahap paling awal di mana ibu dapat merasakan gerakan bayi. Rasanya seperti ada seekor kupu-kupu dalam perutmu. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir jika belum dapat merasakan gerakan ini. Jika si bayi adalah anak pertama, biasanya ibu agak lebih lambat dalam merasakan gerakannya.

perkembangan janin 17- 24 minggu pertama
Minggu ke-17, rambut, kening, bulu mata bayi kita mulai tumbuh sementara garis kulit pada ujung jari juga mulai terbentuk. Walaupun pada masa ini panjang bayi hanya kira-kira 16 cm saja yaitu seperti sebatang pen. Ibu mungkin akan alami sembelit akibat sistem usus yang perlahan. Rahim kita pula akan semakin membesar dan menekan pundi kencing. Jadi pada minggu ini, meminum lebih banyak air minum dan memakan makanan berserat, jus buah-buahan serta sayur-sayuran hijau.
Kini kita menyorot pula perkembangan pada minggu ke-18. Walaupun matanya masih lagi tertutup, bayi dalam kandungan kita sudah dapat mengenal pasti cahaya terang menerusi dinding rahim. Bayi kita dapat mendengar degupan jantung kita pada masa ini. Bayi dalam kandungan juga telah mulai berbaring pada tempat yang dapat menghangatkan badannya.
Pengaliran oestrogen dan progesterone semakin meningkat dalam badan semasa kehamilan ibu masuk minggu ke-18 ini. Ini bertujuan untuk melembutkan serta membesarkan serviks untuk proses bersalin.
Seterusnya kita mengikuti perkembangan minggu ke-19. Bayi akan mulai mengeluarkan bahan berwarna putih yang tebal dan berkrim untuk menyelaputi keseluruh tubuhnya. Ia dikenali sebagai verniks dan berfungsi untuk melindungi kulitnya daripada cairan amniotik yang mengelilinginya. Jadi apabila bayi kita lahir kelak bayi kita tidak akan kelihatan seperti tidak mandi selama sembilan bulan. Sebagian ibu akan mengalami stretchmarks atau tanda calar pada bahagian perut. Hampir 90% wanita akan mengalaminya.
 (usia  20 minggu)

Minggu ke-20. Pertumbuhan bayi dalam kandungan ibu saat ini agak perlahan karena memberi peluang kepada paru-paru dan sistem penghadaman serta imunnya untuk matang. Ukuran bayi ketika ini ialah kira-kira 25 cm dan mempunyai berat 340 g.
Pigmentasi pada kulit ibu mungkin terjadi dengan lebih kentara tetapi akan hilang selepas bersalin nanti. Payudara ibu juga saat ini sedang menghasilkan kolostrum iaitu sejenis bahan cair keruh (warnanya) yang berfungsi untuk membekalkan semua bahan yang diperlukan oleh bayi kita pada hari pertama selepas lahir. Jangan coba memicit cairan itu.
Selain itu ibu juga akan sering mengalami masalah gusi berdarah dan peningkatan keluarnya cairan dari faraj. Sendi dan ligamen-ligamen badan juga akan menjadi kendur. Kita akan lebih kerap merasa sakit pada bagian belakang badan serta ketegangan di bagian lain.
Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm, yaitu separuh dari panjangnya ketika ia dilahirkan nanti dan bobotnya sudah sekitar 340 gram. Bayi membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin ibu memperhatikan ada saat-saat di mana bayi tampaknya tidur, dan saat-saat lain di mana ia melakukan banyak gerak.
Pada minggu ke-21, ibu akan mengalami banyak perubahan sementara bayi dalam kandungan juga membesar dengan perlahan. Jadi menjaga kesehatan agar senantiasa sehat dan bertenaga amat penting. Kita perlu jauhkan melakukan kerja-kerja berat yang dapat membebankan bagian belakang tubuh. Malah kita perlu mengelakkan dari memakai alas kakibertumit tinggi.
Seterusnya minggu ke-22. Struktur gigi bayi ibu mulai berkembang. Pergerakan bayi juga menjadi semakin aktif. ibu sebaiknya memberikan tindakan balas dengan setiap gerakan, tendangan atau bunyi dalam uterus tersebut. Pada masa ini ibu sudah dapat memperdengarkannya dengan alunan musik dan lain-lain untuk memberikan didikan awal sejak dalam kandungan. Belailah gerakan bayi anda dengan penuh kasih sayang.
Kini kita di minggu ke-23. Pada masa ini tangan dan kaki bayi telah terbentuk dengan baik. Jari-jemarinya juga terbentuk dengan baik. Perubahan yang berlaku pada ibu untuk minggu ini amat baik. Antaranya ialah rambut, tekstur kulit, kuku dan warna kulit. Rambut ibu akan menjadi lebat dan berkilauan. Kulit pula akan menjadi bertambah gebu, licin dan lembut.
 (usia 24 minggu)
Pada minggu ke-24 pula, ibu akan merasa gembira, sehat dan berpuas hati dengan perjalanan kehamilan. Ibu akan dapati berat badan bertambah secara normal. Perlu kita ketahui bahwa pada minggu ini kedudukan kepala bayi lazimnya berada pada bagian bawah. Manakala kulit bayi akan menjadi semakin menebal. Namun jangan terkejut sekiranya ibu mendapati muka menjadi sembap dan membengkak pada ketika ini. Ini karena tubuh sudah mulai menyimpan air yang berlebihan.
Sekarang panjang bayi sekitar 32 cm dan bobotnya 500 gram. Ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayi yang berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perutnya.
perkembangan janin 25- 32 minggu
Fenomena yang sering terjadi pada minggu ke-25 dan minggu ke-26 ialah badan kita akan senantiasa berpeluh dan merasa panas. Untuk menghilangkan rasa panas tersebut, minumlah banyak air. Untuk mengelakkan dehidrasi selama bekerja terutama ketika berada dalam suhu udara dingin (aircond), basahkan sapu tangan dan lapkan pada bagian muka, leher, dada, paha dan perut. Pakailah pakaian yang longgar. Pada minggu ini ukuran bayi sudah mencapai 33 cm.
Sekarang minggu ke-27, bayi sudah mulai pandai menghisap ibu jari dan menelan air panas (cecair amnion) yang mengelilinginya. Air yang ditelan itu akan keluar dari badannya sebagai air kencing. Tunas rasa bayi pada masa ini baru terbentuk. Ia sudah dapat bereaksi terhadap rasa manis, masam dan pahit. Kelenjar peluhnya juga sudah mulai terbentuk dan bayi sudah dapat batuk dan tersedu. Sepanjang kehamilan ini kita amat ditegaskan memakai pakaian yang diperbuat dari kain kapas yang dapat menyerap keringat dengan baik.
Kini masuk minggu ke-28, berarti kita hanya tinggal 3 bulan lagi sebelum saat kelahiran yang ditunggu-tunggu tiba. Ibu mungkin akan menjadi sedikit pelupa, kikuk dan agak aneh. sepanjang bulan-bulan terakhir ini, bayi kita juga telah mulai menyimpan cadangan lemak dalam badan. Selain itu ibu juga mungkin akan mengalami sakit ulu hati, senak dan kadang-kadang kejang pada bagian betis. Jangan terkejut jika ibu akan berhadapan dengan kontraksi. Ini bukan kontraksi untuk melahirkan tetapi ia sebalik adalah kontaksi kecil yang disebut iBraxton Hiksi. Sepanjang kehamilan kita coba jauhkan daripada berfikir hal-hal buruk atau negatif. perbanyak membaca majalah-majalah atau menonton rancangan tv yang berguna untuk perkembangan kehamilan kita.
 (usia 28 minggu)

Minggu ke-29. Postur kita akan kelihatan lebih besar pada bagian depan. Pada masa ini kulit bayi dalam kandungan semakin merah. Namun kelihatan agak berkedut sedikit dan lemak sudah mulai terkumpul pada bagian bawah kulit. Kelopak matanya juga telah terbuka dan sistem pendengaran telah terbentuk dengan sempurna.
Kepala bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mungkin mengalami tekanan di bagian diafragma dan perut. Sekarang bobot bayi sekitar 1700 gram dan panjangnya sekitar 40 cm.
Seterusnya minggu ke-30. Ibu perlu banyak beristirahat. Jika ibu tidak bekerja, pastikan ibu mendapat istirahat yang cukup pada siang hari. Pada waktu malamnya pun, pastikan ibu tidur awal dan dapat tidur dengan pulas. Tips tidur - angkat sedikit kaki dan letakkan beberapa biji bantal di bawahnya.
Memasuki minggu ke-31. Bagi sebagian wanita hamil akan mendapati tanda regangan merah pada perutnya. Manakala pada payudaranya pula akan kelihatan salur darah yang agak jelas timbul. Ketika ini kedudukan kepala bayi masih berada di bawah. Panjang badannya kini dapat mencapai 37 cm dengan berat 900 g.
Minggu ke-32 pula, bayi telah mengalami pertambahan berat badan. Ia mencapai 1.6 kg. Secara normal kedudukan kepala bayi masih berada di bawah. Menyentuh soal hubungan suami isteri pula, sebagian wanita hamil akan merasa bimbang apabila melakukan persetubuhan karena takut ia mencederai bayi yang dikandung. Sebenarnya, ibu-ibu tidak perlu risau untuk melakukan hubungan seks ketika ini karena tidak akan mencederai bayi.
 (usia  32 minggu)

perkembangan janin 33- 40 minggu
Minggu ke-33, bayi kita telah memiliki rupa parasnya yang tersendiri. Rupa inilah nanti yang bakal ibu lihat apabila dia lahir kelak. Malah, bayi juga sudah dapat membedakan antara terang dengan gelap. Cobalah berbaring sebentar pada waktu tenga hari karena ibu mungkin lelah membawa perut yang membesar.
Minggu ke-34, kedudukan bayi pada ketika ini telah betul-betul berada pada pintu rahim. Panjang bayi kira-kira 40.5 cm. Sekarang bayi telah terbentuk dengan sempurna dan badannya juga sudah seimbang. Masa ini lemak semakin terkumpul dengan pesatnya di bawah kulit bayi. Jadi bayi kelihatan agak tembam.
Minggu ke-35 pula, akan terjadi perubahan pada diri ibu. ibu akan merasa kesulitan untuk bernafas, membuang air kecil dengan lebih sering dan seringkali tidak dapat menahan air kencing apabila terbatuk, bersin, atau tertawa dengan kuat. Manakala garisan gelap yang mengarah ke bawah perut sudah menjadi lebih kentara dan menonjol. Ibu perlu melakukan beberapa senam termasuk senam pelvik untuk menguatkan rahim.
 (usia  36 minggu)

Bayi sudah hampir sepenuhnya berkembang. Sewaktu-waktu ia dapat turun ke rongga pinggul ibu. Kulit bayi sudah halus sekarang dan tubuhnya montok. Apabila ia bangun, matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Sekarang panjang bayi sekitar 50 cm dan bobotnya berkisar antara 2500 hingga 4500 gram.
Bagi mereka yang bekerja, minggu ke-36 pula sewajarnya sudah mengambil cuti dan beristirahat di rumah. Ibu perlu menghindari keletihan dan kelesuan. Senantiasa angkat kaki dan letakkan di atas bantal ataupun objek tinggi untuk mengelakkan urat timbul atau “varicose vein” dan bengkak kaki. Bayi pada masa ini sudah membesar dan memenuhi ruang uterus ibu pada saat ini. Ibu akan merasa perut begitu penuh, sarat dan sukar untuk bergerak.
Bila sudah tiba minggu ke-37, kepala bayi mungkin sudah turun ke ruang pelvik. Bonjolan kentara pada perut akan semakin membesar. Bentuk bayi dalam kandungan juga semakin membulat dan kulitnya bertukar menjadi merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah sebanyak 5 cm. Kuku lembut telah terbentuk pada ujung jari tangan dan kaki.
Pada minggu ke-38, ibu tentu akan dapat merasa keadaan pundi kencing yang sedikit tertekan dan ini akan menyebabkan kita kerap ingin buang air kecil.
Ibu seterusnya akan memasuki minggu ke-39, minggu kedua terakhir sebelum bersalin. Perut ibu sudah begitu besar dan berat. Pada masa ini kita perlu fokuskan fikiran pada hal-hal positif dan bayangkan pemandangan indah. Kita perlu pastikan segala persediaan untuk melahirkan telah siap dikemas dan diletakkan di tempat yang mudah diambil.
Minggu ke-40 adalah minggu terakhir dan memasuki minggu ini adalah saat yang ditunggu-tunggu. Ibu akan merasa tegang pada bagian abdomen dan akan merasa sedikit gatal. Ibu juga akan merasa kebas pada bagian kaki. Bayi dalam kandungan kini telah bersiap untuk dilahirkan. Panjangnya sudah 51 cm dan beratnya telah menjangkau 3.4 kg.
Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya. Sebagian bayi lahir agak terlalu cepat, sebagian lainnya agak sedikit terlambat, tetapi mereka sungguh lahir! Baiklah, selamat berbahagia dan bersukacita atas kelahiran si mungil di tengah-tengah kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar